POHUWATO

Hadiri Acara Tulude di Karangetang, Wabup Suharsi: Tradisi Tulude Menyatu Dalam Kebersamaan dan Persaudaraan

MBharGoNews.com, Pohuwato – Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa menghadiri kegiatan perayaan adat Tulude ‘Nenaungang’ atau yang dalam bahasa kebudayaan masyarakat suku sangihe diartikan tolak bala, Jumat (03/02/2023).

Kegiatan itu turut dihadiri Anggota DPRD Pohuwato Amran Anjulangi, Asisten Pemkesra Arman Mohamad, Plt. Kepala BNK Rustam Melleng, Kadis Perindagkop Ibrahim Kiraman, Kadis Kominfo-St Kadir Amran, Kaban Kesbang Pol Hikman Katohidar, Kadis Nakertrans Nizma Sanad, Camat Dengilo Nakir Ismail, Danramil Kapten Arm Eko Susilo, Ketua Adat Nusa Lawo Erik Kasombang, Ketua Lembaga Adat Desa Karangetang Mosel Mamuko, dan seluruh masyarakat Desa Karangetang.

Acara yang berlangsung di lapangan Desa Karangetang, Kecamatan Dengilo ini lebih dulu diawali oleh acara penyambutan secara adat sangihe kepada Wabup Suharsi Igirisa bersama rombongan menuju lapangan pusat pelaksanaan tulude.

Dalam sambutannya, Wabup Suharsi Igirisa mengapresiasi acara ini dan penghargaan layak diberi kepada warga sangihe yang tetap menjaga, melestarikan adat istiadatnya sampai sekarang.

“Acara ini merupakan kegiatan yang rutinitas dilakukan, yang hingga saat ini tradisi turun temurun dari leluhur, yang di dalamnya mengandung makna syukuran. Bahkan kemarin telah dilaksanakan di Desa Londoun, yang pelaksanaannya hampir sama tapi pelaksananya yang sedikit berbeda”, ujar Wabup Suharsi Igirisa.

Walaupun ini, kata Wabup Suharsi Igirisa, merupakan nilai adat, tapi yang intinya pengucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa terhadap perjalanan hidup pada tahun 2022.

“Tradisi adat ini dapat mempersatukan persaudaraan warga masyarakat sangihe khususnya, tradisi adat ini juga sudah menjadi milik Pohuwato karena warga sangihe disini sudah merupakan warga masyarakat Pohuwato”, ujar Wabup Suharsi Igirisa.

Terakhir, orang nomor dua di Kabupaten Pohuwato ini mengajak semua pihak untuk memaknai perayaan ini sebagai wahana kebersamaan dan persaudaraan.

“Artinya itu juga mengisyaratkan bahwa kita semua yang hidup di dunia ini banyak-banyaklah bersyukur atas nikmat dari Tuhan, yang telah diberikan kepada kita semua. Meski berbeda-beda suku agama tetapi kita tetap satu”, kata Wabup Suharsi Igirisa.

Sementara itu, Kepala Desa Karangetang Nahemya Bawole mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran Wakil Bupati Pohuwato dalam acara tersebut.

“Atas nama Pemerintah Desa Karangetang, kami menyampaikan terimakasih yang tak terhingga pada kita semua, teristimewa kepada Ibu Wakil Bupati bersama rombongan, yang sudah meluangkan waktu untuk hadir dan meramaikan acara adat tulude kami”, kata Kades Nahemya Bawole.

Menariknya usai sambutan-sambutan, Wakil Bupati Suharsi Igirisa bersama sejumlah pejabat yang mendampingi diminta untuk membaur bersama warga dan menari empat wayer serta masamper. (Kris)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button