POHUWATO

Jalan Perumahan Komunal di Desa Motolohu Alih Fungsi Jadi Drainase

 

MBharGoNews.com, Randangan – Drainase merupakan saluran yang digunakan untuk menyalurkan massa air berlebih dari sebuah kawasan seperti perumahan atau permukiman, Namun apa jadinya, jika perumahan atau yang biasa disebut komunal ini tidak memiliki bangunan drainase seperti yang ada di Desa Motolohu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato saat ini.

Padahal, drainase memiliki peran yang sangat penting di kawasan yang berpenghuni. Karena sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada.

Pantauan MBharGoNews.com di lapangan, Rabu (21/12/2022) siang, Andika Lamusu menemukan fakta bahwa komunal yang ada di Desa Motolohu Kecamatan Randangan tidak memiliki drainase dari sejak awal dibangun, sehingga air yang seharusnya mengalir ke tempat yang semestinya malah harus mengalir ke jalan masyarakat.

Salah satu masyarakat bernama Usman yang juga tinggal di tempat itu, saat diwawancarai menjelaskan bahwa itu tidak memiliki drainase sejak mereka tinggal ditempat tersebut, sehingga mereka kebingungan mau diarahkan kemana air limbah dari rumah-rumah warga itu.

“Kemarin yang dari kecamatan dengan desa sudah datang kesini pak, tapi sampe sekarang belum juga ada tindak lanjut, padahal kami masyarakat so resah dengan air limbah yang so lama tergenang di jalan ini, selain bekeng penyakit, orang mo lewat akan itu jalan susah sekali, maka kami berharap pemerintah terkait bisa secepatnya memberikan solusi”, ujar Usman kesal.

Setelah mengetahu hal tersebut, dihari yang sama awak media langsung mendatangi Kantor Desa Motolohu, untuk meminta keterangan ataupun penjelasan serta solusi. Namun, aparat desa yang piket saat itu mengatakan bahwa Kepala Desa tidak berada di tempat atau masih pergi dinas ke Kota Gorontalo.

Tak sampai disitu, awak media mencoba dan berusaha menghubungi Kepala Desa melalui via telepon seluler, namun lagi-lagi sambungan telepon tidak terhubung.

Hingga berita ini di terbitkan, wartawan investigasi BharGoNews.com, terus berusaha melakukan kordinasi kepada pihak-pihak yang terkait. (Andika)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button