POHUWATO

Keren! Angkat Kearifan Lokal Daerah, SDN 02 Paguat Gelar Karya P5

 

MBharGoNews.com, Pohuwato¬†– SD Negeri 02 Paguat, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato melaksanakan Pagelaran Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan dengan tema “Mengangkat kearifan lokal adat budaya Gorontalo dalam bahasa daerah Gorontalo”, dilaksanakan sebagai implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak yang ada di Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman SDN 02 Paguat, Jum’at (23/12/2022), turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato diwakili Sekretaris Syaiful Bahri Hunta, Pengawas Kecamatan, Kepala Sekolah se-Kecamatan Paguat, dan orang tua wali murid SDN 02 Paguat serta undangan lainnya.

Dalam laporannya Kepala SDN 02 Paguat, Faisal Alulu mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila. Dimana SDN 02 Paguat adalah salah satu pelaksana implementasi kurikulum merdeka belajar pada program sekolah penggerak.

“Untuk tahun ini kami ada penentuan tema adalah kearifan lokal. Untuk kelas empat memilih yaitu pagelaran yang pelaksananya adalah anak-anak bisa memahami dan bisa mempraktekkan bagaimana adat perkawinan yang ada di SDN 02, kemudian untuk kelas satu juga kearifan lokal memilih makanan khas daerah Gorontalo dengan judul ‘makananku kebanggaanku’, yang hari ini mereka akan melakukan pameran dihadapan kita semua dan akan di pentaskan”, terang Faisal.

Selain itu, ada juga pagelaran yang akan ditampilkan oleh anak-anak kelas empat terkait bagaimana Mopoma’lumu, Mopotilolo dan Motuja’i.

“Dan Alhamdulillah semua kegiatan yang kita laksanakan didukung penuh oleh orang tua bahkan pelatih kami ambilnya dari orang tua siswa terkait semua hal yang ada hubungannya dengan kegiatan yang kita laksanakan hari ini, yang diharapkan terciptanya para pelajar yang memiliki kompetensi dan memiliki perilaku yang sesuai dengan norma dan nilai-nilai pancasila”, kata Faisal Alulu.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato Syaiful Bahri Hunta mengatakan, untuk program sekolah penggerak kita ada di tataran P5 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimana Proyek ini harus mengambil kearifan lokal.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Kepala Sekolah dan Staf Dewan Guru yang sudah mengambil langkah. Ini merupakan salah satu cara dalam melestarikan budaya daerah Gorontalo dan ini yang kita harapkan”, katanya.

Ia berharap, kedepan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan, kearifan lokal mana lagi yang diangkat.

“Galilah potensi dari desa, di Kecamatan Paguat ini, mana yang bisa kita kembangkan di sekolah menjadi satu karya untuk anak didik kita dan jujur ini sungguh luar biasa, bukan karena kepala sekolahnya. Namun, apa yang dilakukan hari ini itu yang saya apresiasi”, ujar Syaiful B. Hunta.¬†(Kris)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button