POHUWATO

Lewat Dialog. Arman Mohamad: Perjuangan WPR Selesai, Penambang dan Perusahaan Tidak Dirugikan

 

MBharGoNews.com, Pohuwato РTerkait masalah Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) hingga saat ini terus diseriusi oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk segera diselesaikan.

Keseriusan inipun terlihat saat Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar pertemuan bersama pihak perusahaan tambang PT PETS dengan pelaku usaha (Penambang), bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Pohuwato, Selasa (06/12/2022).

Mewakili Bupati Pohuwato, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pohuwato, Arman Mohamad menyampaikan bahwa dirinya merasa bahwa masalah perjuangan panjang WPR sebetulnya sudah selesai serta kawasan blok WPR sudah ditetapkan.

Hanya saja, menurut Arman, terkait kelanjutan daripada legalitas pengelolaan tinggal menunggu tahapan berikutnya berdasarkan undang-undang.

“Saya mewakili pemerintah daerah merasa bahwa komunikasi kita yang terjadi hari ini sebetulnya sudah memasuki pada satu titik yang sangat menggembirakan, sebagaimana terungkap dari perwakilan kelompok tadi yang pada prinsipnya mereka siap mendukung program perusahaan dalam rangka memberikan, dan akan menerima proposal sebagai pengganti atau tukar tempat usaha yang sebelum-sebelumnya adalah penambang dikawasan yang sekarang akan dikelola oleh perusahaan kemudian akan berganti dengan sumber penghidupan dan pekerjaan yang lain diluar daripada kawasan dengan mendapatkan bantuan modal dari perusahaan”, jelas Arman.

Sehingga pada prinsipnya, kata Arman, pemerintah daerah merasa sangat bergembira karena dengan proses seperti ini, masyarakat tidak dirugikan, juga perusahaan tidak dirugikan.

“Kita sama-sama saling menguntungkan, yang pada prinsipnya adalah kita saling berdialog, kita saling menyamakan persepsi dengan tidak menabrak aturan-aturan yang memang sudah ditetapkan misalnya yang berkaitan dengan kawasan dan lain sebagainya”, ujarnya.

Karena itu, kata Arman Mohamad, Pemkab Pohuwato mengambil beberapa langkah penting, agar nantinya itu tidak sampai terkendala sebagaimana permintaan dari perusahaan akan menjadi pihak yang akan memberi bantuan secara teknis.

“Misalnya, kalau dia di sektor usaha perikanan, mungkin teknologi-teknologi budidaya perikanan yang praktis dan modern dengan menghasilkan produktivitas yang tinggi, tadi Pak Kadis Perikanan sudah memberikan komitmennya siap untuk sama-sama membantu”, ungkap Arman.

Selain itu, kata Arman lagi, ada sektor-sektor ekonomi lain misalnya yang bergerak di Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah, juga ada dinas teknis akan membantu, termasuk di sektor pertanian.

“Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih terutama kepada rekan-rekan masyarakat kabupaten Pohuwato, para penambang yang sudah hadir. Saya mewakili Pak Bupati dan pihak pemerintah daerah juga menyampaikan terimakasih kepada pihak perusahaan, ini adalah suatu tradisi yang harus kita jaga bahwa segala keputusan yang diambil selama kita duduk bersama, memutuskannya bersama sehingga ini demi kepentingan kita bersama”, tandasnya.¬†(Kris)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button