POHUWATO

Polres Pohuwato Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Otanaha 2022


MBharGoNews.com, Pohuwato РKepolisian Resort (Polres) Pohuwato menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Otanaha 2022. Kapolres Pohuwato AKBP Joko Sulistiono memimpin apel yang berlangsung, di Halaman Mapolres Pohuwato, Kamis (22/12/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga, Kajari Pohuwato Endi Sulistyo, S.H., M.H, unsur Forkopimda lainnya, Kadis Perhubungan diwakili Kabid Lalulintas Halim Laparaga, S.Sos, Kadis Satpol PP diwakili Kabid Umar Musa, S.E., MM, Wakapolres Pohuwato Kompol Adek Dermawan serta Pejabat Utama Polres Pohuwato.

Operasi Lilin Otanaha 2022 akan dimulai besok Jum’at 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023, untuk menertibkan pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023. Operasi kali ini menitik beratkan pada keamanan, keselamatan, ketertiban cara berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) agar masyarakat merasa nyaman dan aman.

Dalam amanatnya yang mewakili Kapolri, Kapolres Pohuwato AKBP Joko Sulistiono menyampaikan Natal dan Tahun baru atau dikenal dengan Nataru harus dilaksanakan humanis namun tetap tegas. Mengingat saat ini di Indonesia, pada sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan covid-19, terlebih saat ini telah muncul sub varian baru omicron BN 1 yang lebih cepat menular.

Selanjutnya, pada sisi keamanan, terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalulintas jalan dan penyeberangan antar pulau serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan. Tak kalah penting adalah terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM, lakukan monitoring dilapangan bersama satgas pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan.

Kemudian khusus pengamanan Ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi, melibatkan TNI, BNPT, Brimob, K9, dan Densus 88, libatkan juga elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam pengamanan Ibadah Natal sebagai wujud toleransi umat beragama.

Pada pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik serta imbau masyarakat untuk patuhi protkes.

Sedangkan pada perayaan malam Tahun Baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan asesment bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar.

“Perlu saya garis bawahi, keberhasilan pengamanan operasi lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergitas dan soliditas dalam melaksanakan tugas. Saya yakin dan optimis dengan sinergitas dan soliditas yang baik, maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah Natal dengan khidmat serta merayakan Tahun Baru dengan penuh suka cita”, katanya.

Kepada seluruh personel pengamanan, saya berpesan jadikan pengamanan Natal dan Tahun Baru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional dan humanis.

“Saya ingin mengucapkan Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023”, tutup Kapolres Pohuwato AKBP Joko Sulistiono.¬†(Kris)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button