POHUWATO

Belum Terdaftar dan Bersertifikat, Wabup Suharsi Harap Permasalahan Aset Tanah di Pohuwato Diseriusi

 

MBharGoNews.com – Berbagai permasalahan di daerah memang selalu muncul sebagai tantangan dalam setiap gerakan pembangunan. Dan setiap permasalahan sudah pasti membutuhkan penanganan dari pemda sebagai pelaku pembangunan bersama seluruh pihak lainnya sebagai elemen dan pilar penyanggah dalam pembangunan.

Khusus di Kabupaten Pohuwato, Bupati Saipul Mbuinga dan Wakilnya Suharsi Igirisa tak luput menaruh perhatian tersendiri terhadap berbagai permasalahan di Bumi Panua Pohuwato itu.

Pada kegiatan Rapat Koordinasi Awal Gugus Tugas Reforma Agraria, Jum’at (28/06/2024), yang di hadiri Wabup Suharsi Igirisa, Sekda Iskandar Datau, Kadis PUPR Rusdiyanto Mokodompit, Kepala BPN Pohuwato Klik Eko Wijayanto bersama unsur lainnya, Wabup Suharsi Igirisa kembali menekankan pentingnya melibatkan seluruh elemen dan pihak-pihak terkait dalam menangani berbagai permasalahan yang sedang dihadapi saat ini, sebagai upaya memastikan hak-hak masyarakat terhadap kepemilikan tanah.

Bahkan secara khusus, Wabup Suharsi Igirisa mengajak seluruh kalangan, terutama pemerintah kecamatan dan desa, untuk bisa memberikan informasi terkait dengan keberadaan tanah ataupun data-data dari lahan-lahan yang butuh disertifikatkan.

“Ini yang barangkali kita perlu seriusi, bukan hanya dari pertanahan saja. Akan tetapi dari kecamatan dan desa juga harus memberikan informasi yang dibutuhkan”, ucapnya dalam sambutan.

Karena, menurut Wabup Suharsi, berbagai permasalahan pertanahan yang terjadi salah satunya tidak lepas dari status hukum tanah yang disengketakan, karena tidak adanya bukti kepemilikan yang sah berupa sertifikat hak atas tanah.

“Apalagi itu milik pemerintah daerah, ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, olehnya harapan pak sekda tadi untuk kiranya bisa dapat direalisasikan secepatnya yang penting datanya jelas, Insya Allah prosesnya di pertanahan nanti cepat, aman dan lancar”, ujarnya.

Wabup Suharsi yang saat ini merupakan figur yang cukup besar mendapat dukungan dari berbagai kalangan ini pun mengharapkan permasalahan aset tanah milik pemerintah daerah harus menjadi perhatian. Diakuinya, masih banyak kendala yang terjadi terutama masalah sertifikasi.

“Tentu harapan pemerintah daerah untuk kiranya aset-aset daerah yang belum tersertifikasi, ada juga lahan-lahan milik HGU yang barangkali sudah bisa di lepas tapi belum juga terdaftar dan bersertifikat, kiranya untuk bisa diseriusi”, harap Wabup Suharsi Igirisa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button