POHUWATO

Upaya Cegah HIV-AIDS, Personil Satpol-PP Pohuwato Ikuti Sosialisasi dan Rapid Test

 

MBharGoNews.com, Pohuwato РSatuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Pohuwato mengikuti sosialisasi Penanggulangan dan Pencegahan HIV/AIDS.

Kegiatan itu diisi juga dengan Rapid Test pencegahan HIV AIDS yang diikuti oleh seluruh jajaran ASN dan tenaga kontrak Satpol PP Damkar Kabupaten Pohuwato, Jum’at (03/02/2023) di Markas Satpol-PP Pohuwato.

Kasatpol PP Linmas dan Damkar Nikson Hasan Pakaya, S.Pd., MH, melalui Kepala Bidang Perda, Perundang-undangan, dan Trantibum Bayu Eka Septian Kaluku, S.STP membenarkan hal tersebut.

“Jadi tadi pagi sebelum melakukan rapid test HIV/AIDS, kami semua ASN dan Tenaga Kontrak di lingkungan Satpol-PP mengikuti sosialisasi dari Kodim 1313/Pohuwato terkait Perekrutan Komponen Cadangan ( KOMCAD)”, ujar Bayu Kaluku.

Bayu mengatakan, setelah dilaksanakan sosialisasi dari Kodim langsung banyak anggota Satpol-PP dan Damkar yang mendaftarkan diri untuk menjadi anggota KOMCAD tersebut dan hal t
ini mendapat dukungan penuh dari Kasatpol PP Nikson Pakaya.

“Kami selaku penegak perda di daerah ini harus benar-benar bersih dari yang namanya penyakit HIV/AIDS tersebut. Bukan hanya itu, kedepannya kami dari Satpol-PP akan melakukan kerja sama dengan pihak BNK Pohuwato untuk test urine bebas dari narkoba bagi semua ASN dan tenaga kontrak yang ada di lingkungan Satpol PP”, jelas Bayu.

Menurut Bayu, pihaknya akan melaksanakan hal tersebut secara rutin setiap 3 bulan sekali, begitupun kegiatan donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah di Pohuwato bagi masyarakat Kabupaten Pohuwato.

“Kami pun akan melakukan kegiatan-kegiatan bakti sosial yang meliputi sosialisasi perda-perda, agar dapat diketahui oleh semua masyarakat Pohuwato, baik itu Perda Miras, Hewan Lepas, dan Perda Retribusi. Untuk Pajak Restoran, Hotel, Rumah Makan, Penginapan serta Walet, dan masih banyak lagi yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat”, terang Bayu.

Hal ini, kata Bayu, untuk mendukung program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Setelah kegiatan Kodim 1313/Pohuwato selesai dilaksanakan, langsung dilanjutkan oleh pihak Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) untuk mensosialisasikan masalah HIV/AIDS, setelah itu langsung melakukan rapid test.

Hasil dari Rapid Test tersebut, pihak ASN maupun tenaga kontrak Satpol PP dinyatakan ‘negatif’, baik yang perempuan maupun laki-laki.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button