POHUWATO

Maksimalkan Potensi Desa, Dinas PMD Pohuwato Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bagi Masyarakat Popayato Barat

M’BharGoNews, Pohuwato¬†– Guna mewujudkan desa yang mandiri dan ajang bertukar informasi dan bersinergi antara Kepala Desa, BPD dan Camat, untuk bagaimana belajar mendapatkan ilmu demi kemajuan di desa masing-masing.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Seksi Pemanfaatan SDA dan Teknologi Tepat Guna Kabupaten Pohuwato, menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas terkait Potensi Lokal Sumber Daya Alam (SDA) bagi masyarakat Pedesaan di Kecamatan Popayato Barat.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Camat Popayato Barat yang diwakili Sekretaris Kecamatan Holmas, di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Popayato Barat, Selasa (22/06/2021).

Kepala DPMD Pohuwato melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Fatmawaty Laraga, SE., MM, mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memanfaatkan sekaligus menggali potensi sumber daya alam yang ada di masing-masing desa.

Selain itu, kata Kabid Fatmawaty, pelatihan ini juga untuk meningkatkan kapasitas dan kemajuan di masing-masing desa, yang mengarah pada pencapaian kemandirian aspek perekonomian yang berlanjut pada Desa itu sendiri.

“Ini bagian dari upaya pembinaan kami bahwasanya di Pohuwato itu potensi SDA sangat mendukung, tinggal bagaimana caranya kita mempergunakannya dengan baik”, ungkap Fatmawati kepada M’BharGoNews.com, usai kegiatan pelatihan.

Kabid Fatmawaty Laraga juga menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi pada Desa merupakan salah satu langkah awal dalam upaya mewujudkan peningkatan kualitas perekonomian nasional.

Untuk itu, Kabid Fatmawaty berharap peran aktif dari Masyarakat Desa sebagai pihak pengelola SDA, sehingga kedepan mampu memberikan perubahan yang signifikan terhadap perekonomian keluarga.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan desa mampu mengelola potensi yang ada, sehingganya Desa itu bisa mandiri nantinya”, ujarnya. (Kris)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button