PROV. GORONTALO

Hadiri Sosialisasi Audit Investigatif, Bupati Saipul Tekankan Pentingnya Perkuat Kompetensi

 

MBharGoNews.com, Gorontalo – Sedikitnya 45 orang peserta terdiri dari pejabat administrator, pejabat pengawas, pejabat fungsional, auditor dan pejabat fungsional pengawas urusan pemerintah daerah (P2UPD) serta pejabat pelaksana pada Inspektorat Kabupaten Pohuwato mengikuti Sosialisasi Audit Investigatif di Lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Selasa (27/12/2022) yang dibuka langsung oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Inspektur Daerah, Mohamad Trizal Entengo serta dihadiri Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Heru Tarsila.

“Sebagaimana kita ketahui bersama melalui media-media yang ada, bahwa indikasi tindak pidana korupsi, penyalahgunaan kewenangan serta ketidaklancaran pembangunan, baik yang dilakukan oleh pribadi maupun kelompok instansi dan lembaga pemerintah telah menjadi hal yang banyak diberitakan hampir di seluruh wilayah republik tercinta ini. Banyak pejabat pemerintahan maupun pimpinan lembaga serta instansi baik pusat maupun daerah yang terjerat korupsi dan penyalahgunaan kewenangan. Olehnya itu perlu ada tindakan yang konkret dalam rangka mencegah hal-hal tersebut”, kata Bupati Saipul A Mbuinga mengawali sambutannya.

Menurut Bupati Saipul, hal ini disamping memberikan pemahaman kepada pejabat yang terlibat dalam pemerintahan tentang pencegahan tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan kewenangan.

Selain itu, katanya, pemerintah daerah berupaya pula meminimalisir kondisi tersebut dengan memberikan pengetahuan kepada aparat pengawas instansi pemerintah tentang audit investigatif melalui kegiatan sosialisasi oleh instansi terkait khususnya BPKP sebagai salah satu instansi pengawasan pemerintah.

Olehnya itu, selaku pimpinan pemerintah bupati berharap kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan dalam hal membuat rencana kerja pemeriksaan dan mengidentifikasi manakala terdapat indikasi korupsi dan penyalahgunaan kewenangan.

“Kepada para peserta saya tekankan agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sampai dengan hari terakhir kegiatan ini, sehingga apa yang peserta dapatkan disini dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas saudara. Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesediaan bapak Kepala Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo beserta para narasumber dan jajaran yang telah bersedia meluangkan waktu dan berbagi ilmu kepada para peserta sekalian, semoga apa yang telah diberikan akan menjadi amal ibadah dan berkah bagi bapak dan ibu sekalian”, ujar Bupati Saipul tegas.

Sebelumnya, Inspektur Daerah Pohuwato, Mohamad Trizal Entengo menjelaskan, kegiatan Sosialisasi Audit Investigatif ini berlangsung selama 3 hari, mukai dari Selasa hingga Kamis, 30 Desember 2022.

Yang tujuannya, kata dia, guna menambah pengetahuan dan wawasan dalam hal membuat rencana kerja pemeriksaan, memberikan pemahaman tentang apa itu fraud (kecurangan).

“Serta bagaimana cara mengidentifikasinya, serta memberikan pemahaman tentang cara mendapatkan bukti-bukti kecurangan serta memilah kemungkinan kecurangan yang terjadi”, kata Mohamad Trizal Entengo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button